Friday 15 January 2010

1 Jam Sejarah 3 Jam Berubah

Tahun ini memang sangat berbeda ku rasakan. Aku tidak bisa menjelaskannya kenapa. Seperti biasa, karena Aku memang tidak bisa menjelaskan apa-apa. Mereka pun tidak akan percaya jika mendengarkan penjelasanku, karena suatu kelemahan yang ada dalam diriku.

Bulan Januari Tahun 2010, terjadi dua peristiwa alam yang sangat bersejarah, gerhana bulan, dan gerhana matahari pada tanggal 15, yaitu hari ini. Yang menarik perhatianku adalah gerhana matahari yang menurutku adalah sangat beruntung Aku bisa menyaksikannya. Gerhana tersebut adalah gerhana yang sangat bersejarah, gerhana yang membuat semua ummat Islam disunnahkan melakukan sholat gerhana. Gerhana ini memiliki geometri yang mirip dengan gerhana yang terjadi pada tanggal 27 Januari 632 Masehi, yaitu bertepatan dengan wafatnya Ibrahim, putra Rasulullah SAW dari istri Mariah Qibthiyah, dan akan terjadi 1033 tahun dari sekarang, yaitu pada tahun 3043.

Walaupun cuaca pada hari itu mendung dan di daerahku, tidak bisa melihat secara total karena letak geografis, namun Aku tetap berusaha menjadi saksi dari peristiwa ini. Syukurlah Aku dapat melihatnya dengan bantuan dari awan yang menahan cahaya matahari, sehingga Aku dapat melihat inti bulan, walau hanya sebentar.

Setelah Aku yakin bahwa Aku telah melihat gerhana tersebut, Aku pergi begitu saja. Keluar mengikuti instinct traveler ku. Ditengah perjalanan, Aku berpikir, Aku tersenyum. Peristiwa ini tak akan bisa kujumpai lagi. Perasaan bahagia, Aku telah menyaksikan peristiwa bersejarah, gerhana yang membuat semua ummat muslim melakukan sholat sunnah gerhana. Secara tidak langsung Aku juga mengenang putra Rasulullah SAW. Pasti ada sesuatu dibalik ini semua. Pasti ada perubahan dalam hidupku. Mudah-mudahan ada perubahan dalam hidupku. Rizki yang banyak kah? Segera dapat pekerjaan kah??

"Ah, standar banget si keinginan lw." Dalam hati ku berkata. Dan lagi "Dapet pacar? Cari sesuatu yang beda dong. Pasti ada perubahan dalam hidup lw! Pasti ada perubahan di dunia ini." Sambil menatap langit Aku terus berbicara dengan diriku. Tiba-tiba Aku merasa sangat beda dari diriku beberapa jam lalu, Aku merasa lebih hidup, lebih cerah, dan senyumku lebih manis, karena ini senyum bangga, percaya diri, tanpa malu-malu...lagi.

Aku ingin memukul orang itu, dan itu, dan itu. Aku ingin dipukul oleh orang itu, dan itu, dan itu... tunggu, sepertinya dia tidak suka memukul, dia saja. Semua pembicaraan pun ku tanggapi, semua kecantikan pun ku kagumi. Namun hanya 3 Jam saat bersama teman-teman. Saat semuanya pergi, Aku kembali menjadi orang yang dulu?Malas untuk berbicara? Memandang kebawah dan melewatkan semua keindahan? Takut untuk menjadi beda dengan yang lain?

TIDAK! orang itu sudah pergi. Sekarang hanya ada diriku dan semua hal positif saja. Jangan kembali kesana. Belajarlah dari orang itu. Keluarkanlah semua kemampuanmu! Aku akan menjadi sejarah, jadi ciptakan sejarah yang bagus. Nikmati saja hidupmu dengan semua hal, coba saja semuanya. Coba saja memukul, coba saja dipukul, coba saja mencium, coba saja teriak, coba saja tertabrak, coba saja menulis.

No comments:

Post a Comment