Thursday 23 June 2011

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Tahukah kamu bahwa ternyata permen karet telah berumur cukup lama - kurang lebih 5000 tahun. Suku Aztec, Yunani kuno, dan Indian Amerika dahulu adalah sesepuh dari permen karet yang kita temui sehari-hari di toko-toko. Mereka menciptakan dan mengkonsumsi permen karet untuk periode yang lama. Lalu pada tahun 1848, permen karet pertama diproduksi besar-besaran untuk pasar. Adalah John B Curtis yang pertama kali mengembangkan dan menjual permen karet untuk kebutuhan komersil. Beberapa tahun kemudian, permen karet dikenal seluruh dunia. 

Bukan hanya karena rasanya saja yang manis, tapi juga karena manfaat-manfaatnya, permen karet masih tetap eksis sampai sekarang. Tentara perang Amerika mulai mengunyah permen karet sejak perang dunia pertama untuk meningkatkan konsentrasi, dan melepas stress. Kunyahlah permen karetmu dan rasakan manfaat berikut ini : 


  • Mengunyah permen karet dapat meningkatkan peredaran darah, sehingga otak banyak menerima oksigen, yang akhirnya membuat pikiran jadi lebih segar, dan konsentrasi makin menguat.
  • Rahang akan terus bergerak saat mengunyah permen karet, sehingga dapat menstimulasi otot-otot di wajah yang efeknya membuat kulit wajah menjadi lebih kencang.
  • Mengunyah permen karet tanpa gula secara teratur dapat membantu mengangkat dan membersihkan kotoran yang tersisa di gigi, melindungi gigi dari kerusakan.
  • Mengunyah permen karet dapat menggantikan kegiatan menggosok gigi setelah makan, karena saat mengunyah permen karet mulut akan menghasilkan air liur yang dapat menetralkan asam dan mencegah pengeroposan gigi diatas 40%.
  • Mengunyah permen karet akan melancarkan peredaran darah ke otak sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja yang berkaitan dengan konsentrasi, kewaspadaan, dan perhatian.
  • Menurut penelitian University of Northumbria dan Cognitive Research Unit di Inggris, mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan mengingat kata-kata sampai 35%. Karena saat mengunyah permen karet akan meningkatkan detak jantung, yang mengakibatkan lebih banyak oksigen dan nutrisi uang dipompa ke otak, sehingga proses ini merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat. 
  • Mengunyah permen karet setelah makan menurut penelitian, akan mengonsumsi lebih sedikit kalori saat jam makan berikutnya. Dan sebuah permen karet hanya mengandung 5-10 kalori, sedangkan apabila anda mengunyahnya selama satu jam dapat membakar kurang lebih 50 kalori.

No comments:

Post a Comment