Wednesday 22 June 2011

Ayo Bantu Jakarta!


DKI Jakarta sudah menjadi kota selama 484 tahun. Banyak perubahan mengiringi kedewasaan kota ini. Bangunan-bangunan yang masih berdiri menjadi saksi kebesaran sang ibu kota. Melalui simbolnya, Jakarta selalu mengatakan bahwa kota ini adalah kota idaman. Berlambang perisai segi lima bertuliskan ‘Jaya Raya’, dibawahnya terdapat gambar Monumen Nasional dengan dikelilingi oleh padi dan kapas yang saling mengikat. Lalu dibawah ikatan tersebut terdapat lambang ombak.

Monumen Nasional adalah simbol dari kota Jakarta, sehingga dilukiskan di lambang ini. Padi dan kapas melambangkan kemakmuran atau usaha Jakarta yang bertekad mencukupi kebutuhan sandang dan pangan warganya. Gambar gelombang melukiskan lokasi Jakarta di pesisir dan juga Jakarta sebagai kota pelabuhan. Sedangkan semboyan ‘Jaya Raya’ artinya adalah lambang semangat kota Jakarta supaya tetap berjaya dan besar.

Lambang tersebut bukan sekedar hiasan. Se-arifnya kita bisa mengetahui cita-cita luhur kota yang telah berdiri ratusan tahun ini. Ia tidak pernah sedikitpun merubah cita-citanya – menjadikan Jakarta sebagai kota yang indah, aman, dan tentram. Namun semua itu hanyalah mimpi jika masyarakat yang tinggal didalamnya tidak mengerti arti sesungguhnya dari lambang ini. Jakarta tidak bisa meraih sendiri cita-citanya. Dia membutuhkan kita. Ayo bantu Jakarta!


No comments:

Post a Comment