Tuesday 28 June 2011

Tau Ga Rasa Buah Ini?

Apel, Jeruk, Pisang, tentunya bentuk dan rasa buah tersebut bisa kita bayangkan, karena buah tersebut cukup sering kita jumpai dan konsumsi sehari-hari. Apalagi jika buah-buah tersebut berlabel merek luar. Pasti rasanya lebih enak, dan bentuknya lebih indah. Pernahkah ada yang pernah merasakan makan buah Cempedak, atau masih ingatkah dengan rasa buah Sawo apel? Buah-buah asli Indonesia sekarang semakin jarang kita jumpai di pasaran. Padahal Indonesia adalah negara tropis dengan jenis buah-buahan yang sangat beragam. Juga dengan khasiatnya yang beragam pula. Tahukah kamu dengan buah-buah ini :

  1. Cempedak (Artocarpus champeden) : Bentuknya seperti buah Nangka. Buah ini tidak dianjurkan bagi penderita hepatitis, lever, maag atau infeksi usus. Buah cempedak memiliki kandungan alkohol yang tinggi, dan bisa menimbulkan gas dalam saluran pencernaan.
  2. Dukuh (Lansium domesticum) : Bentuknya kecil seperti anggur. Bentuk buahnya berbuku-buku seperti jeruk. Jangan memakan buah duku sekaligus dengan bijinya, hal ini kurang baik khususnya bagi penderita infeksi usus, karena biji yag sukar dicerna bisa mengiritasi permukaan usus. Jenis yang terkenal adalah Dukuh Condet.
  3. Sawo (Achras zapota) : Bentuknya bulat sebesar Jeruk dengan warna kulit bervariasi, tergantung jenisnya. Sawo mengandung tanin yang cukup tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk penderita asam urat dan radang usus. Namun buah ini mempunyai khasiat mencegah mencret.
  4. Manggis ( Garcinia mangostana ) : Bentuknya buahnya berbuku-buku seperti jeruk, dengan kulit yang agak keras berwarna merah gelap. Buah manggis matang berkhasiat mengobati diare, radang amandel, disentri, wasir dan keputihan. Buah yang berbiji kecil tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berikut bijinya karena bisa mengiritasi usus, dan susah untuk dicerna.
  5. Jeruk Bali ( Citrus Maxima ) : Jeruk besar ini terdapat di Pulau Bali. Jeruk bali yang matang, berkhasiat menurunkan kolesterol, menurunkan resiko penyakit jantung, antikanker, menormalkan tingkat hematokrit, dan membuang sel darah merah yang telah tua.
Selain diatas, jenis buah-buahan asli Indonesia masih banyak lagi tersebar di setiap daerahnya. Jenisnya yang beragam mewakili keragaman Indonesia. Tapi seperti warisan-warisan bangsa pada umumnya, mereka semakin dilupakan.

No comments:

Post a Comment