Thursday 14 July 2011

Persiapkan Liburan


Tidak ada yang paling menyebalkan saat kita liburan selain penyakit yang tiba-tiba menyerang. Kita tidak akan bisa menikmati enaknya makan lobster di pinggir pantai dari hasil menangkap sendiri, atau berkeliling pegunungan bersama teman-teman. Kita hanya bisa berbaring lemah di penginapan.

Penyakit yang timbul saat kita melakukan liburan disebabkan oleh kurangnya persiapan yang kita lakukan, sehingga menyebabkan tubuh kita tidak cepat menyesuaikan dengan keadaan sekitar.

Penyakit-penyakit tersebut antara lain:

1. Sakit kepala: Sebelum bepergian jauh, sebaiknya kita makan terlebih dahulu untuk memberikan asupan tenaga bagi tubuh . Beberapa orang mungkin menderita sakit kepala saat telat makan, dan lainnya mungkin mengalami saat melakukan perjalanan jauh

2. Mual: Penyebab mual dan muntah dalam perjalanan disebabkan karena belum makan sebelum berangkat, atau terelalu banyak makan sebelum berangkat dalam jarak waktu yang sempit. Mual juga bisa disebabkan karena terlalu banyak goncangan dalam perjalanan laut atau dalam pesawat terbang.

3. Jet lag: Jet lag memiliki gejala yang lebih kompleks dari mual biasa saat melakukan penerbangan lintas zona waktu. Selain merasa mual, gejala jet lag lainnya adalah insomnia, kelelahan, disorientasi, depresi kecil, atau diare.

Sebaiknya kita melakukan persiapan jauh sebelum melakukan perjalanan liburan. Dibawah ini ada sedikit panduannya:

1. Bawa cemilan yg banyak banyak : Rasa lapar tidak bisa dihindari dalam perjalanan jauh. Untuk itu bawalah cemilan atau snack sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan sebagai sumber energi sementara dan menahan rasa lapar. Hal ini penting karena agar perut tidak kosong.

2. Siapkan obat-obatan:
maag, pusing, diare, alergi, mata, obat pribadi seperti asma, darah tinggi, dll

3. Istirahat yg cukup: Manfaatkan waktu istirahat dengan maksimal. Karena dengan istirahat yang cukup akan membuat badan fit untuk menjalani aktivitas-aktivitas liburan yang.

4. Sinar matahari (khusus jet lag): Tubuh Anda biasanya  butuh waktu satu hari untuk menyesuaikan diri dengan setiap zona waktu saat Anda bepergian. Faktor utama dalam mengatur ulang jam biologis Anda adalah eksposur cahaya dan melatonin. Jika Anda bepergian ke arah timur, Anda dapat mengelabui reaksi tubuh Anda di sebuah zona waktu dengan mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari. Jika Anda pergi ke barat, coba untuk memperpanjang hari Anda dengan berjemur cahaya matahari sore.

Semoga Liburanmu menyenangkan…

No comments:

Post a Comment