Thursday 21 April 2011

Buah Cinta


Tau kenapa anak disebut buah hati, atau buah cinta?

Buah itu berasal dari sebuah pohon. jika menginginkan buah yang manis, pohonnya harus dirawat dengan baik. Pohon yang tak terawat menghasilkan buah yang rusak, kurang manis, atau busuk! Jangan salahkan buah yang busuk. Salahkan pohon yang jelek, dan tak terawat. Tidak pernah disiram dengan air jernih. Tak pernah menyerap sinar matahari, dan tak pernah ditabur pupuk diatas tanahnya.

Buah yang busuk pun bisa disebabkan faktor dari luar. Misalnya dimakan ulat, atau codot, atau binatang lainnya. Namun, seorang petani yang baik seharusnya dapat mengantisipasinya. Ia dapat berjaga di sekitar pohon untuk mencegah hal tersebut. Seharusnya, petani yang baik sudah memikirkan hal tersebut. Bahkan sebelum ia memutuskan untuk menanam benih untuk menumbuhkan pohon tersebut - yang akan menghasilkan buah yang baik. Karena memutuskan untuk menjadi petani, janganlah dianggap enteng.

Kita bisa menjadi petani yang cakap, pohon yang rindang, atau buah yang manis. Tadi malam aku melihat petani yang sukses. Ia tidak menikmati buahnya secara berlebihan. Ia merawat pohonnya, dan buahnya pun menjadi manis.

Petani yang cakap, pohon yang rindang, dan buah yang manis. Perkebunannya pun sukses

No comments:

Post a Comment